Kebiasaan Penyebab HP Cepat Rusak Fatal

Penyebab HP cepat rusak,– Apakah Handphone anda cepat rusak? Belum genap setahun sudah mengalami kerusakan ringan bahkan sampai rusak fatal?

Kerusakan handphone ini bisa berupa software maupun hardware yang bisa saja terjadi kapan saja. Baik disebabkan oleh human error (kesalahan pengguna) dan juga bisa karena memang cacad produk

Ya, mengingat penggunaan Handphone, kini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Ternyata kebiasaan penggunaan Handphone seperti yang akan kami bahas ini bisa berakibat rusak fatal.

Kerusakan yang bisa berdampak handphone tidak bisa digunakan lagi (butuh penanganan khusus agar bisa diperbaiki), walaupun kondisi fisik masih bagus dan layak digunakan.

Kebiasaan ini terbilang sangat sepele, khususnya untuk anda yang membeli handphone baru. Penting untuk mengetahui kebiasaan yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Karena ini juga bisa saja menyangkut privasi dan juga keamanan file data anda dalam menggunakan handphone.

 

Kebiasaan apa penyebab HP cepat rusak?

Mungkin anda akan menebak bahwa kebiasaan dalam perawatan, misalnya penggunaan aplikasi yang terlalu banyak atau mungkin karena perawatan yang lain.

Jika berhubungan dengan perawatan fisik, bisa saja HP rusak karena kesalahan pengguna. Sebagai contoh penggunaan charger sembarangan. (Baca juga: Tips Memilih Charger handphone yang bagus)

Terlalu memforsir penggunaan handphone, dan masih banyak lagi kerusakan yang disebabkan kesalahan pengunaNamun, untuk saat ini dengan perkembangan teknologi yang saat pesat dan juga fitur keamanan semakin canggih. Kebiasaan pengguna handphone yang mengganggap kurang penting malah justru bisa berakibat fatal


Sabagai contoh penyebab HP cepat rusak:

#Email akun

Ketika anda membeli handphone baru, penting untuk mengatur sendiri baik akun Email, kode pola dan lain sebagainya.Terkadang kita membeli handphone baru meminta bantuan penjual untuk membuatkan akun Email, pokoknya terima beres.

Padahal ini sangat berbahaya, bisa saja penjual nantinya lupa dan anda juga tidak mengetahui akun Email anda sendiri sehingga anda akan kesulitan saat membutuhkan akun Email nantinya.

Dengan tidak menegetahui alamat dan kata sandi Email yang telah terpasang di handphone, ini bisa saja berakibat kerusakan fatal.

Seperti beberapa waktu lalu yang pernah kami bahas, bahwa alamat Email dalam handphone sangatlah penting. Untuk anda pengguna android, mau tidak mau harus tahu bahayanya FRP (Factory Reset Protect)

Sebuah fitur yang akan aktif, jika smartphone android dilakukan hardreset secara paksa, untuk lebih detailnya bisa anda baca disini

Sedangkan untuk anda yang menggunakan iPhone dengan layanan iCloud, juga bisa berakibat fatal jika sampai iPhone terkunci (lock iCloud) seperti yang sudah pernah kami bahas disini

#Login akun sembarangan

Melakukan login akun Email di berbagai perangkat sembarangan juga bisa memicu kerusakan handphone yang fatal.

Sebagai contoh, ketika anda meminjam handphone atau komputer untuk login akun Email yang menjadi akun utama handphone anda. Sebaiknya lakukan logout dengan baik dan benar.

Pastikan akun anda benar-benar sudah keluar dan aman tidak anda ancaman dibobol. Karena ini bisa saja berakibat fatal untuk handphone seperti test yang sudah pernah kami lakukan di artikel ini (Baca juga: Bahaya membeli akun Email, Email bukan dengan identitas sendiri)

#Pola lockscreen

Menggunakan kode pola memanglah perlu jika handphone anda menyimpan file atau data penting. Namun kebiasaan menggunakan pola ini ternyata juga menyumbang kebiasaan yang bisa mengakibatkan rusak fatal pada handphone

Ketika dalam keadaan terkunci, bisa saja orang lain akan mencoba memaksa membukanya dan yang terjadi handphone akan terkunci secara permanen. Yang mengakibatkan harus melakukan flash ulang.

#Game berat

Handphone Android maupun iPhone saat ini memang memiliki kemampuan grafis yang sangat bagus. Dan juga tersedia banyak game yang memiliki fitur multimedia bisa dibilang sangat memukau. Namun diatas kelebihan itu, game juga ikut andil penyebab HP cepat rusak

Penggunaan handphone untuk bermain game yang terlalu over akan mengakibatkan HP bekerja lebih ekstra, alhasil HP cepat rusak. Yang sering terjadi pada bagian baterai HP cepat panas dan kembuh

Itulah kebiasaan penyebab HP cepat rusak yang sebenarnya sangat sepele dan bahkan tidak terpikirkan oleh kita. Namun bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Agra lebih aman dalam menggunakan handphone, biasakan untuk membuat akun sendiri dan mencatatnya agar tidak kelupaan.

Pastikan handphone anda terhindar dari tangan-tangan jail yang bisa saja mencoba membobol keamanan handphone anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.