Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis Agar Kamu Lebih Hemat

Pernah nggak sih kamu merasa bahwa pengeluaranmu seringkali membengkak untuk membeli barang ini dan itu yang kamu inginkan?

Dan akhirnya ketika kamu sadar, kamar ataupun rumahmu menjadi terasa lebih sesak karena barang-barang tersebut. Padahal sebenarnya barang-barang tersebut hanya menumpuk begitu saja dan tidak kamu gunakan.

Jika iya, maka sudah saatnya kamu berubah. Tapi bukan berubah seperti Power Rangers loh ya. Kamu harus mengurangi sifat konsumtifmu agar lebih hemat. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Lalu, seperti apa sih sebenarnya gaya hidup minimalis itu?

Gaya hidup minimalis pada dasarnya merupakan salah satu upaya untuk mengontrol diri dari pola hidup konsumtif. Kamu akan lebih berfokus pada barang-barang yang kamu butuhkan dan kamu gunakan sehari-hari.

Tidak ada lagi barang yang bertumpuk dan “nganggur” begitu saja. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memulai gaya hidup minimalis.

1. Bebaskan Diri Dari Rasa Sayang Berlebihan Pada Barang

Biasanya, kita akan cenderung memiliki rasa sayang yang berlebihan pada barang-barang yang kita miliki. Meski sudah memiliki barang serupa yang baru, barang yang lama akan terus kita jaga.

Sayang kalau rusak, sayang kalau hilang, sayang kalau dibuang, dan sayang lainnya dengan dalih bahwa barang-barang tersebut kita beli dengan susah payah.

Pada akhirnya, barang-barangmu akan terus menumpuk dan tentunya akan menyita waktu, tenaga, dan pikiranmu untuk mengurusnya.

Nah, untuk memulai gaya hidup minimalis, kamu perlu membebaskan diri dari rasa sayang yang berlebihan tersebut. Perlakukan barang sewajarnya barang. Ingat, barang – barang tersebut ada untuk kamu ambil manfaatnya guna memudahkan hidupmu, bukan sebaliknya.

2. Pilah Kembali Barang – Barangmu

Langkah selanjutnya adalah memilah kembali barang-barang yang kamu miliki. Nah, hal ini bisa kamu mulai dari kamarmu. Coba cek isi lemari dan rak sepatumu. Sortir mana barang yang biasa kamu pakai, yang jarang atau bahkan tidak pernah terpakai, dan yang sudah tidak layak pakai.

Pada saat menyortir, hindari adanya barang yang serupa baik dari segi bentuk ataupun fungsinya. Misalnya kamu memiliki tiga kemeja berwarna hitam. Dari ketiganya, hanya satu kemeja yang sering kamu pakai.

Nah, berarti kamu bisa “menyingkirkan” dua kemeja lainnya. Begitu pula untuk barang lainnya. Kamu bisa menjual atau menyumbangkan barang-barang yang jarang atau tidak pernah kamu pakai.

Sedangkan untuk barang yang sudah tidak layak pakai harus segera kamu buang. Hasilnya, kamarmu akan terasa lebih lapang dan juga nyaman.

Baca juga: Banyak barang nggak di pakek lagi? Ini tips jualan Preloved yakin cepat laku

3. Utamakan Fungsi, Bukan Gengsi

Saat memilah barang, utamakan fungsi dari barang tersebut. Tidak perlu memiliki 10 pasang sepatu dengan berbagai model dan merk. Cukupkan saja sesuai fungsinya, misal sepasang sepatu olahraga, sepasang sepatu formal, dan sepasang sepatu kasual.

Nah, kalau cewek susah dong, kan butuh banyak sepatu? Gampang, sisakan saja sepatu olah raga, flat shoes, wedges, dan heels masing- masing sepasang. Pilih warna netral agar lebih mudah dipadu-padankan dengan baju yang digunakan.

Nanti dibilang tidak pernah ganti?

Itulah tantangan menerapkan gaya hidup minimalis. Kamu harus kuat mental dan tidak mudah termakan gengsi. Ingat, hidup minimalis bukan berarti kamu tidak bisa mengikuti trend fashion. Jika kamu benar-benar butuh untuk membeli barang yang baru, maka singkirkanlah barang lama yang serupa.

4. Belilah Sesuai Kebutuhan, Utamakan Kualitas

Biasanya, kita akan bertindak impulsif jika dihadapkan pada diskon. Kita akan cenderung membeli tanpa mempertimbangkan apakah barang tersebut kita butuhkan ataukah tidak.

Kalaupun kita membutuhkannya, kita akan lebih memilih barang diskon tersebut meski kita belum tahu kualitasnya dengan dalih mumpung murah daripada barang yang lebih mahal dan berkualitas.

Banyak dibaca: Ini loh persiapan resolusi tahun Baru biar tambah banyak tabungan kamu

Untuk hidup minimalis, kamu harus benar-benar teliti sebelum membeli. Lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk barang yang jelas lebih awet sehingga bisa berhemat untuk ke depannya.

Melalui hidup minimalis, kamu dapat memangkas pengeluaran – pengeluaran yang kurang penting sehingga kamu bisa menambah jumlah tabunganmu. Hidupmu pun akan terasa lebih nyaman. Tapi ingat, kamu harus konsisten melakukannya.

Selamat mencoba.