Tips Merawat Mobil Matic Supaya Tetap Awet dan Nyaman

Halo sobat wahanarupa, kali ini akan membahas tentang tips Merawat Mobil Matic supaya tetap aman, nyaman dan awet. Sebelumnya bagi anda yang belum mengenal tentang otomotif maka memang kurang paham dengan keadaan kendaraan. Harus bagaimana? Apa yang dilakukan supaya aman dalam berkendara? Dan lain sebagainya.

Sudah banyak orang terutama kaum laki-laki yang mengerti soal mobil dari mesin, interior dan lain sebagainya. Namun kali ini juga banyak kaum wanita yang mengedarai mobil bahkan ada juga sopir bus hingga sopir truk. Tapi apakah mereka mengetahui tentang cara merawat yang baik untuk kendaraan tersebut? Nah, untuk mobil matic memang sedikit berbeda dengan perawatan mobil manual. Apa saja yang harus diperhatikan?

Inilah Tips Merawat Mobil Matic

Memanaskan Mesin Sebelum Berkendara

Hal ini memang tergolong sepele, namun untuk perawatan mobil maupaun motor memang sebelum berkendara usahakan dipanaskan dulu sebelum anda buat perjalanan jauh. Sistem ini wajib anda lakukan untuk mobil matic maupun manual. Selain itu, pastikan juga bahwa posisi tuas transmisi dalam netral (N) sebelum menyalaman mesin.

Baca Juga : Spesifikasi Avanza Veloz 2018 Terbaru, Interior dan Eksterior Elegan

Rutin Mengganti Oli Mesin

Tips Merawat Mobil Matic selanjutnya yaitu anda cek secara rutin untuk oli mesin dan servis berkala sesuai jadwal yang dicantumkan atau setiap kilometer tertentu. Kalau mobil seriang anda ajak keluar kota atau perjalanan jauh maka lakukan penggantian oli dan aki sesering mungkin.

Tips Merawat Mobil Matic supaya awet

Image : Ilustrasi

Jangan Memindah Tuas Perseling dengan Kasar

Perlu anda perhatikan juga Merawat Mobil Matic dengan memperlakukan dengan baik. Usahakan tak memindah tuas perseneling pada saat kondisi mesin mati. Jangan pula memindahkan tuas perseneling dengan kasar pada saat parkir atau sering kickdown pada pedal gas, dimana tindakan tersebut akan berakibat kebocoran dan kerusahkan pada valve jadi kinerja transmisi matic akan terganggu.

Melakukan Uji Jalan

Memang biasanya dilakukan uji jalan pada saat kondisi mobil masih baru, namun mobil lama juga harus dilakukan uji jalan terlebih dahulu sebelum anda menancap gas. Usahakan porsi dari kecepatan step by step dari pelan lalu kesedang, mengendarai mobil juga tidak baik kalau terlalu ngebut, tergantung pada kondisi jalan raya.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Mobil Manual VS Mobil Matic, Mana Pilihanmu?

Menggunakan Transmisi Matic dengan Sesuai Kebutuhan

Ketahuilah bahwa mengatur ruas transmisi sesuai dengan kebutuhan saat berkendara. Untuk mobil matic perlu anda perhatikan pada saat dijalan datar maka posisikan tuas transmisi dengan posisi D (Drive), sedangkan untuk D1 untuk tanjakan curam, tanjakan sedang arahkan tuas pada D2 dan D3 untuk mendahului.

Servis Mobil dengan Teratur

Langkah terakhir yang perlu anda perhatikan dan sering kali disepelkan yaitu servis mobil matic secara teratur sesuai jadwal atau kilometer yang sudah ditempuh.

Itulah beberapa Tips Merawat Mobil Matic supaya awet, aman dan nyaman untuk dikendarai. Lantas mobil matic apa saja yang ingin anda miliki dengan desain elegan dan tangguh? Saat ini kebanyakan produsen sudah mengeluarkan tipe manual dan matic, anda tinggal pilih saja dan sesuaikan dengan kemampuan financial anda.