Tips Agar Duit Aman Saat Liburan Akhir Pekan

Akhir pekan atau weekend merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Kita tentunya akan memanfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya setelah 5 hari berkutat dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan.

Kita bisa mengisi akhir pekan dengan bersantai bersama keluarga, jalan-jalan ke mall atau tempat wisata, melakukan hobi, atau yang lainnya.

Liburan akhir pekan pada awal bulan tentunya menjadi surga tersendiri bagi kita yang baru saja menerima gaji. Kita akan cenderung bersikap impulsif/ tanpa pikir panjang dalam mengeluarkan uang dengan dalih untuk membayar kerja keras yang telah kita selama sebulan.

Niatnya sih untuk bersenang-senang, eh, ujung-ujungnya malah meringis saat melihat jumlah saldo yang berkurang drastis.

Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba agar duitmu aman saat liburan akhir pekan.

1. Atur Jadwal Liburan

Agar Duit Aman Saat Liburan Akhir Pekan

Dalam satu bulan, setidaknya ada 4 kali akhir pekan. Nah, agar duitmu aman, kamu bisa menyusun jadwalmu sendiri. Misalnya, pekan pertama untuk jalan-jalan ke mall/ tempat wisata.

Pekan kedua diisi untuk melakukan hobi. Pekan ketiga untuk mengunjungi teman/ kerabat. Pekan terakhir untuk membersihkan rumah, atau lainnya.

Kamu juga bisa memilih menghabiskan akhir pekan pertama hingga ketiga di rumah saja dengan merapikan interior rumah, berkebun, mencoba resep baru, olahraga, atau lainnya.

Nah, baru nanti di akhir pekan pada akhir bulan kamu mengeluarkan uangmu untuk jalan-jalan. Intinya, atur liburanmu agar duitmu tetap aman.

2. Sediakan Pos Untuk Liburan Saat Menyusun Anggaran Bulanan

Pada saat membuat anggaran bulanan, kamu harus menyediakan pos untuk liburan akhir pekan. Jadi, kamu akan memiliki jumlah uang yang sama setiap pekannya.

Uang tersebut bisa kamu habiskan, bisa pula kamu hemat untuk akhir pekan berikutnya. Nah, dengan anggaran, pengeluaranmu untuk liburan akan lebih terkontrol.

3. Gunakan Uang Tunai

Agar Duit Aman Saat Liburan Akhir Pekan

Kamu harus mengupayakan untuk menggunakan uang tunai saat bertransaksi. Penggunaan uang tunai akan membuatmu memikirkan berapa banyak uang yang telah keluar sehingga kamu akan lebih patuh pada anggaran yang telah kamu buat.

Jika kamu menggunakan kartu kredit atau debit, kamu akan lebih mudah tergoda untuk gesek sana – gesek sini tanpa pikir panjang.

Baca juga: Tips memilih kartu kredit agar sesuai kebutuhan kamu

4. Kunjungi Tempat Wisata Low Budget

Mengunjungi tempat wisata low budget sangat membantumu menjaga duit agar tetap aman. Kamu bisa mengisi akhir pekan dengan pergi ke taman kota. Selain untuk berolahraga, kamu juga bisa berlibur serta melakukan interaksi dengan orang lain di luar lingkungan kerjamu.

Alternatif lainnya adalah mengunjungi museum untuk berlibur sekaligus menambah pengetahuan. Mungkin saat ini sudah jarang orang yang datang ke museum. Tapi, nggak ada salahnya kan mencoba?

5. Jangan Ragu Untuk Kuliner Kaki Lima

Agar Duit Aman Saat Liburan Akhir Pekan

Jika kamu ingin mengisi akhir pekanmu dengan wisata kuliner, kamu bisa mencoba untuk wisata kuliner kaki lima. Kamu nggak harus kuliner di cafe-cafe atau restoran mahal.

Banyak kok kaki lima yang menyediakan makanan enak. Kamu bisa mencoba kuliner kaki lima di sekitarmu secara langsung ataupun mencari informasi terlebih dahulu dari food blogger.

Liburan akhir pekan nggak harus selalu mahal kan? Sesekali ke tempat mahal sih boleh, asal tidak terlalu sering.

Ingat, masih ada kebutuhan lain yang harus kamu penuhi. Kamu harus kreatif mengatur liburanmu. Semoga tips di atas dapat membantu agar duitmu tetap aman saat liburan akhir pekan.

Selamat berlibur.