Mobil Matic Tidak Bisa di Stater

Jangan Panik Ketika Mobil Matic Tidak Bisa di Stater

Kendaraan berupa Mobil atau motor kalau tiba-tiba tidak bisa distater maka bnyak orang yang kebingungan. Terutama di tempat yang kurang tepat seperti jalanan pegunungan yang jarang ada bengkel atau bantuan orang lain.

Namun, jika mobil matic anda tidak bisa distater maka jangan panic terlebih dulu. Karena kepanikan membuat pikiran tidak terkontrol dan kurang kosentrasi. Kali ini akan membahas tentang mobil matic yang tidak bisa distater dengan dua kemungkinan yaitu aki dan mati total.

Mobil Matic Tidak Bisa Distater Akibat Aki

Aki merupakan penyambung hidup sebuah kendaraan, kalau aki sudah bermasalah maka kendaraan tersebut juga bermasalah. Namun, jangan khawatior anda bisa cek terlebih dulu apakah kabel yang berada di terminal aki tidak longgar.

Mobil Matic tak Bisa di Stater
Image : Ilustrasi

Bila kabel tersebut longgar maka segera kencangkan bautnya seperti semula, namun cukup hati-hati kalau anda bukan seorang teknisi. Kalau sudah bisa anda stater mobil lagi, jika masih tidak bisa hidup maka kemungkinan besar aki rusak. Cara satu-satunya anda bisa menjumper aki denghan aki mobil lain atau bisa anda ganti langsung dengan aki baru supaya lebih aman.

Baca Juga : Review Spesifikasi Toyota Calya Yang Katanya Tidak Menggunakan Double Blower

Mobil Matic Tak Bisa Distater Akibat Mati Total

Bila mobil matic anda tidak memberikan respon apapun ketika distater. Maka perlu pemeriksaan secara seksama. Adapun hal yang perlu anda perhatikan diantaranya yaitu:

Memeriksa Kabel Positif dan Negatif yang terhubung Aki

Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan kalau kabel aki baik-baik saja. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu memperhatikan kepala kabel aki yang telah terhubung ke terminal aki longgar atau tidak seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk matic yang tidak ditater akibat aki.

Memeriksa Sekring

Kalau aki tidak bermasalah maka cek sekring utama pada mobil untuk memastikan saja bahwa sekring tidak putus. Diketahui bahwa sekring pertama biasa ada pada kabel positif aki atau dalam kotak sekring mobil. Kalau akibat mati total pada sekring maka harus diganti dengan yang baru.

Baca Juga : Tengok 5 Manfaat Penting Oli, Alasan Harus Ganti Oli Secara Rutin

Memeriksa Relay Stater

Relay Stater terletak pada dalam atau luar sekitar kotak sekring. Relay putus akan menyebabkan mobilk tak bisa ditstaer. Jadi perlu anda pastikan mencoba menukar dengan relay yang memiliki spesifikasi sama. Kalau dengan berbagai cara belum bisa nyama maka cek Kabel Switch dynamo staternya.

Memeriksa Kabel Switch Dinamo Stater

Perlu anda ketahui kabel ini hanya ada satu yang menuju ke dinamo stater. Begini caranya, anda bisa stater mobil dan gesek ujung kabelnya ke ground massa atau body. Kalau ada percikan api kalau ada maka salah pada staternya. Kalau tak ada percikan api sedikitpun maka coba cek pada kabel-kabel sistem staternya. Terkadang juga mobil matic kalau masih dalam kondisi bagus dan baru dan tidak bisa distater terkadang ada salah penggeseran staternya. Maka perhatikan saat anda stater dan setir mobil jangan salah mengarahkan karena bisa juga mobil tidak akan nyala mesinnya.

Baca juga: Tips memilih spion motor kekinian model update

Itulah beberapa penjelasan dan penyebabnya ketika mobil matic tak bisa di stater dengan normal. Meskipun demikian jika anda tidak ingin ada kerusakan lain maka perlu adanya mekanik khusus yang bisa anda panggil untuk membantu memecahkan kendala tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *